April 22, 2010

Mengajak Anak Berimajinasi

Saat ini saya sedang getol-getolnya mengajak anak-anak saya untuk bermimpi. Tapi bukan bermimpi dalam tidur loh....! Melainkan berimajinasi mengenai topik-topik yang mereka sukai. Terkadang imajinasinya mengenai cita-cita mereka kelak atau tempat-tempat mana saja yang ingin mereka kunjungi. Bahkan saya juga sering mengajak mereka berkhayal dengan membuat cerita yang berdasarkan imajinasi mereka sendiri.

Ternyata seru juga...! Anak-anak saya sering mencampurkan impian mereka dengan pengetahuan yang sudah mereka miliki. Contohnya cerita tentang sang pencuri boneka, dia membayangkan sang pencuri berbaju hitam dengan topeng yang dikejar polisi dengan menggunakan mobil polisi dengan tipe khusus (saya sudah lupa namanya). Dia membayangkan polisi dan pencuri saling berkejaran (padahal cuma boneka yang dicuri ya...kalo polisi kita mau ngga ya mengurus hal sepele seperti ini...:)) Kemudian kejadian ini ditutup dengan ditangkapnya penjahat dan dijebloskan ke penjara.

Saat Farrell bercerita, saya sesekali memperbaiki kata-kata yang tidak sesuai penggunaannya. Penggunaan awalan yang terkadang dia masih terbalik-balik pengunaannya. Manfaat berimajinasi ini ternyata sangat membantu dalam memperbanyak pendaharaan kata. Selain itu anak belajar menentukan urutan atau perencanaan. Mereka akhirnya memahami untuk meraih atau mencapai impiannya, mereka harus melakukan proses-proses yang mereka rencanakan sendiri. Efek yang paling terlihat adalah anak-anak menjadi lebih komunikatif alias cerewet....:) Keakraban kita kepada anak pun terjalin tanpa kita sadari.

Menyenangkan bukan...? Ayo kita mulai untuk mengajak anak-anak kita berimajinasi. Bukankah kenyataan yang kita raih saat ini adalah salah satu dari impian kita di masa kecil. Selamat bermimpi anak-anak....!

4 comments:

shopping blog said...

The curve of pandora jewelry the end of the ironing board to Pandora charms act as the shoulder. Now, mist pandora bracelets and charms the shirt with your spray bottle and then buy Pandora you start ironing over the front of the discount pandora bracelets shirt. When you approach the part of Pandora necklace the shirt that has the buttons on the pandora necklace beads edges, you pull the bottom part of the shirt taught and then work against Pandora necklace sale the direction you are pulling at with the iron. Next you will then proceed to pull the shoulder taught by cheap pandora charms once again pulling the end of the shirt so that you can iron the front of the shirt where your pectoral muscles would be.

irna indriyani ismail said...

Setuju Banget

Hizkia Asry said...

Bagus banget bu sangat berguna agar kita tetap semangat

H4rDiyanT! Ulf4 said...

bu saya senang karena bza mengerjakn tugs ulangan dengan baik dan bza mendpat kupon bermain gratis btasx hanya hari rabu dan kamis