July 31, 2012

Mengapa Kita Harus Menulis

Sudah teramat lama saya tidak menulis di blog ini. Ada saja alasan untuk membenarkan kemalasan saya untuk sekedar menari-nari di atas keyboard sejenak sekedar untuk menumpahkan apa yang ada didalam kepala. Capek, tidak ada waktu, sibuk, dan berjuta alasan lain saya kemukakan jika ada yang bertanya mengapa blog saya tidak pernah diupdate.

Benar adanya, sikap istiqomah dalam menulis adalah hambatan terbesar bagi seorang yang berusaha menjadikan menulis sebagai bagian dalam kehidupannya. Tanpa cinta dan usaha yang besar maka mustahil sikap itu menjadi bagian dari kehidupan kita. Kemarin, saat berbuka bersama dengan teman-teman FLP Sangatta, saya merasa disadarkan kembali alasan saya menyukai dunia ini.

1. Terapi untuk diri sendiri

Tanpa disadari, menulis merupakan cara saya untuk mengeluarkan emosi negatif dalam diri saya dengan       cara yang benar. Teringat sebuah pengalaman saat saya mengalami konflik dengan suami. Jika saya mengikuti emosi maka amarah yang keluar akan menjadi bara api yang akan membakar hubungan kami tetapi saat itu saya memutuskan untuk menuliskan kemarahan tersebut dalam bentuk tulisan sehingga kata-kata yang keluar menjadi tidak membakar tetapi membuat saya berpikir kembali tentang kemarahan yang saya alami. Dan ternyata saat suami membaca tulisan tersebut, dia bisa menerima kemarahan saya dengan sikap yang manis dan tenang.

2. Berbagi Pengalaman

Terkadang kita menganggap pengalaman yang kita alami adalah hal yang sepele dan tidak penting. Anggapan tersebut 100 % salah. Setiap pengalaman merupakan pembelajaran bagi diri kita maka bagi orang lain pun pengalaman kita merupakan contoh bagi mereka. Sudah banyak tulisan saya yang hanya berupa kisah-kisah sehari-hari yang biasa dihadapi oleh semua orang mendapatkan komentar dari banyak pembaca. Bahkan terkadang saya mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang belum dapat saya jawab dari pengalaman orang lain yang memberikan masukan kepada saya. Walaupun hanya berupa resep masakan sederhana tetapi ternyata itu bisa memberikan manfaat bagi banyak orang yang membutuhkannya.

Bersambung....

3 comments:

Sangatta Hamster said...

Kunjungan dari sesama Blogger Sangatta... =)

Mengapa kita harus menulis???
Sekarangkan jamannya mengetik, :P

Endah said...

hahaha....kalo menulis diartikan harfiah dengan menggunakan pena dan selembar kertas ya memang begitu adanya....:)

Agen Bola Promo 100% SBOBET IBCBET Casino Poker Tangkas Online said...

menulis bagiku adalah sebuah kesenangan lewat blog
nice post,, penuh inspirtasi