April 30, 2008

Menjadi Orang Tua Yang Komunikatif

Hari minggu tanggal 27 April lalu saya menjadi panitia seminar mengenai Cara berkomunikasi dengan anak. Tugas saya sebenarnya mendokumentasikan acara ini tapi sambil shooting saya ikut serius mendengar sehingga saya dapat mengikuti acara ini dari awal sampai selesai. Pembicaranya seorang Ibu yang sangat ramah dan menarik bernama Wulansari (mirip-mirip nama saya …:)

Menurut ibu Wulansari terkadang kita sebagai orang tua (bahkan banyak ortu) karena lebih TUA merasa lebih TAU dari anak kita. Efek dari sikap ini menimbulkan rasa superior, egois merasa paling benar dan lain-lain pada diri kita sebagai orang tua. Pernah ngga kita bilang kepada anak kita seperti ini : “ Sudah mama bilang khan….! Atau “Ngga mau nurut mama sih…!. Itu sebagian kecil kalimat yang menunjukkan kita sebagai orang tua merasa paling tau dari anaknya padahal belum tentu loh… Pernah suatu hari saya tercengang-cengang dengan Farrell yang bisa merubah berbagai setting di handphone saya bahkan sampai mengganti bahasanya menjadi bahasa cina (yang membuat saya jadi kelabakan). Ini menunjukkan bahwa tanpa kita sadari anak-anakpun seperti orang dewasa mampu menambah pengetahuan ke dalam dirinya tanpa harus diajari. Jadi jangan pernah merasa paling tau karena bisa jadi anak-anak kita malah lebih tau dari kita.

Ada 9 kekeliruan “tak sengaja” dalam komunikasi sehari-hari dengan anak :
  • Komunikasi tergesa-gesa akibatnya kita tidak menangkap, tidak mengingat dan tidak mendengar apa yang sedang dikomunikasikan anak kepada kita
  • Tidak biasa melihat ke dalam artinya kita tidak mengenal diri sendiri, jadi bagaimana mau kenal orang lain?
  • Setiap anak adalah UNIK
  • Kebutuhan dan keinginan anak beda dengan kita sebagai orang tua
  • Tidak membaca bahasa tubuh
  • Menggunakan 12 gaya populer (Masalah Komunikasi menyimpang) yaitu memerintah, menyalahkan, meremehkan, membandingkan, mencap/label, mengancam, menasehati, membohongi, menghibur, mengeritik, menyindir dan menganalisa
  • Tidak memisahkan masalah (masalah anak atau orangtua)
  • Tidak mendengar aktif
  • Selalu menyampaikan pesan kamu seperti “Dasar kamu malas”, “Kamu sih…main terus jadi ulangannya jelek”.

Nah….agar komunikasi dengan anak menjadi mulus hindari 9 kekeliruan tersebut, kunci utamanya adalah mendengar. Dengarkan dengan tenang, penuh perhatian, tidak memotong dan menghakimi setiap anak berbicara. Jika seorang anak dihargai seperti seorang individu yang sejajar dengan orang tua maka anak tidak akan mencari pelarian keluar rumah untuk menumpahkan semua masalah atau problem yang mereka dihadapi.

Bila melihat berbagai masalah yang dihadapi oleh anak pada saat ini seperti materi pelajaran di sekolah yang semakin berat, tekanan dalam pertemanan(pergaulan), orang tua yang selalu menuntut, majalah/Koran/TV/video yang menyajikan materi pornografi, gaya hidup modern, dan masih banyak lagi. Akankah kita sebagai orangtua hanya mau menuntut mereka membahagiakan kita tanpa mau membantu mereka. Tentu tidak bukan….Jika orangtua selalu siap menjadi tempat bersandar bagi anak maka pengaruh dan masalah yang datang dapat dihadapi anak dengan mudah.

Ayo menjadi orang tua yang komunikatif….!

5 comments:

mama icel said...

serasa ikut seminar lagi...trimakasih bu sdh diingatkan kembali..bener lho sgt susah untuk merubah kebiasaan(yg krg baik)yg sdh nempel ..tp kalau gak dicoba dari sekarang kpn lg?

maju terus..!

Mike.... said...

kayaknya sulit ya kalo punya anak nanti...^^,
hpff,,,

ibu aci said...

bener..bener..., kadang udah taupun suka refleks jadi ortu yang sok tau.gimana dong bu...

ayo sharing jeng !!

Bunda Rafif&Najla said...

Hmhhh...prakteknya jauh lebih sussah dari teorinya...buat saya maksudnya..

shopping blog said...

The curve of pandora jewelry the end of the ironing board to Pandora charms act as the shoulder. Now, mist pandora bracelets and charms the shirt with your spray bottle and then buy Pandora you start ironing over the front of the discount pandora bracelets shirt. When you approach the part of Pandora necklace the shirt that has the buttons on the pandora necklace beads edges, you pull the bottom part of the shirt taught and then work against Pandora necklace sale the direction you are pulling at with the iron. Next you will then proceed to pull the shoulder taught by cheap pandora charms once again pulling the end of the shirt so that you can iron the front of the shirt where your pectoral muscles would be.