March 6, 2007

Tidak Gampang Membuat Anak Pandai Bercerita (?)

Saat ini saya sangat merasakan kesulitan untuk membuat anak saya, Farrell pandai bercerita (usia saat ini 4.5 tahun), contoh mudah saja... bila ada gambar yang saya tunjukkan mengandung kegiatan seseorang atau ekspresi maka dia harus dipancing terlebih dahulu dengan sejumlah pertanyaan yang mengarahkannya.

Memang pada awalnya Farrell mengalami keterlambatan wicara, sehingga dia baru mulai aktif ngomong pada saat usianya 3.5 tahun. Dan saat ini saya merasakan ternyata Farrell agak sulit merangkai kata, sudah saya coba berbagai hal seperti bercerita melalui buku bergambar, menunjukkan gambar-gambar dan menanyakan apa maksud gambar kepadanya.

Mungkin ada trik yang bisa saya dapatkan untuk membuat anak mudah untuk merangkai kata? Jika ada yang pernah mengalami hal yang sama, saya sangat mengharapkan info dari sahabat semua untuk saling berbagi di sini. Kirim saja sarannya melalui e-mail... thanks ya!

1 comment:

Admin TQ said...

Sama. Anakku juga mengalami hal yang sama. Kata dokter sih, salah satu penyebabnya adalah polusi dan snack2 instant.
BTW, kunci utamanya adalah pantang menyerah. Anak kita punya tingkat penyerapan yg sangat tinggi. Terbukti setelah ngomong, semua yg pernah aku ajarin ke anakku bisa diucapkan tanpa harus diulang.
Selain itu, "keep talking". Anak2 butuh komunikasi. Walaupun dia nggak ngomong, dia tetap harus komunikasi.
Rangsang dia dengan bersosialisasi dengan teman2nya. Sehingga muncul percaya diri dalam dirinya.
Terakhir berdoa. Bagaimanapun semuanya tergantung kepadaNya.