March 20, 2008

Juara 1 Karya Tulis dalam rangka hari K3 PT. KPC

Hari Minggu kemarin merupakan momen yang membahagiakan buat saya. Tidak pernah terlintas dalam benak saya akan menjadi juara pertama dalam lomba menulis yang diadakan PT. Kaltim Prima Coal dalam rangka Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Tema yang saya angkat adalah Pengaruh pola hidup sehat karyawan atas produktifitas kerja. Orang yang patut menerima ucapan terima kasih saya atas kemenangan ini adalah kekasih saya tercinta, Mas Robbie (thanks banget atas upayanya mencarikan bahan) dan sahabat saya, Bu Siti (makasih atas kritikannya..!). Inilah karya tulis tersebut semoga bermanfaat bagi yang membaca.

Pola Hidup Sehat Mendukung Produktifitas Kerja
Oleh: Endah Wulandari
Kecelakaan kerja bukanlah penyebab utama ketidakhadiran karyawan di tempat kerja. Faktor utamanya justru lebih banyak disebabkan oleh masalah kesehatan biasa seperti stress, sakit otot atau punggung, kepala pusing, kolesterol, darah tinggi dan sakit jantung. Masalah ini biasanya akan timbul bila karyawan tidak memiliki pola hidup sehat.
Kesehatan sangat berkaitan erat dengan stamina yang dibutuhkan dalam bekerja. Banyak orang mengkonsumsi berbagai multivitamin atau minuman berenergi untuk menambah stamina dalam bekerja. Padahal efeknya tidak begitu besar. Kurangnya stamina mengakibatkan tubuh mudah lelah, mengantuk, tidak konsentrasi. Jika ini terjadi pada karyawan yang bekerja di tempat beresiko tinggi terutama karyawan dengan pola kerja bergilir maka bisa berakibat fatal.
Mengapa menggunakan cara yang mahal untuk menjaga stamina dalam bekerja? Pola hidup sehat merupakan kunci utamanya. Sebagian orang merasa sudah menjalani pola hidup sehat dan berpikir dengan makan tiga kali sehari sudah termasuk menjalani hidup sehat. Namun banyak orang tidak mau tahu apakah yang dimakan sudah memenuhi kebutuhan bagi tubuh atau tidak. Jadi makan hanya untuk sekedar menghilangkan rasa lapar, bukan untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh supaya tetap sehat.
Pola hidup sehat itu sebenarnya mudah dan sederhana. Meliputi tiga hal pokok yaitu pola makan yang baik, olahraga teratur dan istirahat cukup.
1. Menjaga Pola Makan (Diet)
Diet seringkali diidentikkan dengan mengurangi makan. Padahal ini asumsi yang salah. Diet merupakan pengaturan pola makan sesuai kebutuhan sehari-hari. Bagi orang yang gemuk berbeda kebutuhan nutrisinya dengan orang yang kurus. Berikut beberapa pola makan yang disarankan oleh beberapa ahli gizi dan nutrisi untuk mencukupi kebutuhan kalori dalam sehari:
a. Segera konsumsi makanan setelah bangun tidur malam. Setidaknya kurang dari 30 menit karena tubuh kita menyerap nutrisi saat kita tidur. Jika tidak maka akan terjadi katabolik yaitu tubuh memakan tubuh sendiri khususnya protein otot. Ini sangat tidak baik karena cenderung akan menyisakan lemak tubuh. Bagi orang yang gemuk, tentu akan menambah komposisi lemak tubuh, sedangkan bagi orang yang kurus, akan semakin menurunkan stamina karena protein otot berkurang.
b. Makanlah setiap 4 jam dalam porsi kecil walaupun belum lapar. Mengapa? Karena setelah 4 jam lambung cenderung kosong dan tubuh selalu membutuhkan nutrisi. Jangan lupa makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan diet untuk tubuh masing-masing. Ubah pola makan ala Indonesia (3x sehari).
c. Perhatikan asupan nutrisi dan jenis makanan. Aturlah pola makan dengan komposisi kurang lebih karbohidrat 50%, protein 30% dan lemak 20%.
2. Olahraga teratur
Jika diadakan angket dengan pertanyaan apakah anda teratur berolahraga? Maka kebanyakan jawabannya adalah tidak dengan berbagai macam alasan, antara lain tidak punya waktu. Padahal olahraga yang baik dan teratur membuat tubuh semakin kuat, sehat dan berstamina. Olahraga sangat membantu mereka yang kelebihan ataupun kekurangan berat badan. Bagi orang kurus olahraga dapat memacu tubuh menyerap nutrisi dengan baik sehingga menambah berat badan dan massa otot, sedangkan untuk orang gemuk, olahraga dapat membakar lemak dan menambah massa otot.
Olahraga itu tidak mahal dan butuh waktu lama, cukup dengan jogging setelah bangun tidur selama 10-15 menit setiap hari sangat baik untuk membakar lemak dalam tubuh. Lakukanlah dengan teratur maka manfaatnya akan sangat terasa. Buang rasa malas pada diri sendiri.
3. Istirahat cukup
Istirahat cukup diperlukan tubuh agar dapat kembali ke kondisi normal. Istirahat terbaik adalah tidur. Tidur berkualitas 6-8 jam sehari sudah lebih dari cukup. Tidur terlalu lama, akan cenderung mengganggu kesehatan karena tubuh akan kehilangan banyak nutrisi (katabolik), sehingga menimbulkan rasa malas dan tidak bertenaga.
Berikut ada beberapa tips untuk meningkatkan kualitas tidur yaitu tidur dalam cahaya seredup/segelap mungkin, tidak tidur dalam kondisi kenyang, tidur dengan tingkat suara sehening mungkin, lakukan peregangan ringan sebelum tidur dan terakhir berdoalah.
Ketiga poin di atas dapat mengawali pola hidup sehat, tetapi tetap diperlukan kemauan dan disiplin untuk mencapai ini semua. Manfaat yang dirasakan tidak akan terasa secara cepat tetapi ini akan berpengaruh banyak bagi kualitas hidup di kemudian hari. Semakin banyak karyawan yang sadar untuk melakukan pola hidup sehat, maka frekuensi ketidakhadiran karena sakit akan semakin berkurang. Produktifitas pun tentunya akan semakin meningkat. Dan karyawan semakin merasa siap bekerja secara optimal karena stamina yang terjaga.
Kesehatan merupakan salah satu investasi paling berharga, dan merupakan aset yang tidak ternilai. Dalam dunia bisnis bila nilai investasi turun maka akan mendapat kerugian demikian juga sebaliknya. Jadi menjalani pola hidup sehat adalah investasi murah dengan keuntungan yang sangat besar.
Kesadaran untuk menjalani pola hidup sehat dapat didukung perusahaan dengan mengadakan kegiatan olahraga secara rutin, misalnya bermain sepakbola. Sederhana dan murah tetapi menimbulkan efek yang besar bagi karyawan karena selain menyehatkan juga menambah semangat dalam bekerja contohnya perusahaan Samsung di Korea. Kepedulian perusahaan atas pola hidup sehat para karyawan sangat berpengaruh besar terhadap produktifitas perusahaan. Mari bekerja sama membuat perubahan demi kehidupan yang lebih baik! Tingkatkan kesehatan untuk produktifitas optimal!

4 comments:

Angsoka47 said...

ok jg ibu kita ini, met ya... tau aku kan?

Gank_Guan'jiwa said...

ass..makasi byk y bu, sya minta tulisana, sy lagi meneliti ttg gaya hidup sehat di komunitas tertentu. ini saya mabil buat nambah2 referensi. hehe..

Anonymous said...

Wah senangnya punya teman yang jago nulis......selamat ya.
You inspire me...:-))

Dian-Setyo-Nadia
Adelaide-Australia
ceritanadia.blogspot.com

shopping blog said...

The curve of pandora jewelry the end of the ironing board to Pandora charms act as the shoulder. Now, mist pandora bracelets and charms the shirt with your spray bottle and then buy Pandora you start ironing over the front of the discount pandora bracelets shirt. When you approach the part of Pandora necklace the shirt that has the buttons on the pandora necklace beads edges, you pull the bottom part of the shirt taught and then work against Pandora necklace sale the direction you are pulling at with the iron. Next you will then proceed to pull the shoulder taught by cheap pandora charms once again pulling the end of the shirt so that you can iron the front of the shirt where your pectoral muscles would be.