August 16, 2008

Berkeliling Dunia Bersama NH Dini



Menjelajah ke berbagai negara itulah yang saya rasakan saat saya membaca berbagai buku karya pengarang wanita favorit saya NH Dini. Cara berceritanya yang mengalir runut dan teratur membawa imajinasi saya terbang, seakan-akan saya sendiri yang menjadi tokoh dalam ceritanya. Bersama beliau saya mengetahui berbagai budaya dan tempat-tempat menarik di seluruh dunia. Dari Parangakik ke Kampuchea, buku ini bercerita mengenai perjalanan beliau dari Jakarta ke Kampuchea dengan sebuah kapal besar bersama putrinya Lintang. Dari buku inilah saya baru tahu bahwa Kampuchea (untuk seterusnya saya sebut Kamboja) adalah sebuah negara yang akan berubah menjadi sungai besar jika musim hujan karena negara ini merupakan cekungan yang terjadi akibat gerusan sungai mekong. Kombaja merupakan negeri yang indah, perpaduan antara budaya tradisional dan modern yang terlihat Phnom Penh membuat banyak wartawan asing menulis artikel tentang kekaguman mereka terhadap negara ini.


Jepun negerinya Hiroko, sesuai dengan judulnya buku ini bercerita tentang pengalaman NH Dini selama di negara Jepang. Menceritakan bagaimana bangsa Jepang sangat menghargai seni budaya sehingga mereka selalu menjaga kuil-kuil dengan baik atau tentang keindahan pohon momeji bahkan pengalaman beliau merasakan badai taufan di negeri sakura tersebut, benar-benar cerita yang memikat hati saya.


Buku berikutnya adalah Dari Fontenay ke Magallianes, berisi pengalaman beliau dari Prancis Selatan sampai ke Filipina. Menceritakan keindahan alam Prancis Selatan di sebuah rumah yang dikelilingi pohon zaitun dan almond serta pantainya yang indah dan kehidupan beliau selama tinggal di negara Filipina yang masa itu dibawah pemerintah Marcos. Lalu tentu saja tentang negeri adopsi beliau yaitu Prancis dalam buku La Grande Borne dan Arqentuil. Bercerita tentang berbagai kisah beliau sewaktu tinggal di pinggiran kota Paris dan Argentuil, sebuah kota kecil di tepian sungan Seine.


Ternyata kita bisa berkeliling dunia dengan mudah melalui mata orang lain walaupun mungkin akan berbeda rasanya jika kita sendiri yang mengalami. Paling tidak saya bisa menambah pengetahuan dan membuka wawasan saya mengenai adat istiadat dan budaya negara lain. Sebenarnya masih banyak lagi buku-buku beliau yang menurut saya patut dibaca seperti seri Kenangan (yang terdiri dari 5 buku) atau La Barka, memang sih.....ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa buku-buku beliau berisi pandangan-pandangan yang tidak umum tetapi hal ini tidak merubah pendapat saya bahwa beliau merupakan salah satu pengarang yang mempunyai visi yang sangat jelas dalam menulis, ditambah lagi dengan cara bercerita yang memikat dan kata-kata yang beragam dalam menunjukkan bahwa beliau adalah salah satu pengarang yang juga memiliki ilmu yang tinggi dan wawasan luas diluar bidang tulis menulis itu sendiri. Nah, ayo coba baca satu bukunya dijamin....pengin baca lagi.......!

3 comments:

Mike.... said...

belum pernah dengar pengarang dan bukunya..apa mike yg ketinggalan informasi yah..he..he..

met tujuhbelasan mbak endah..

endah said...

emang NH Dini pengarang yang udh lama banget mike, sekarang aja umurnya diatas 65 thn atau lebih, lebih terkenal di dunia sastra, namanya selalu tercantum di pelajaran bahasa Indonesia....ketaun dech..kalo pernah bolos...:)

Anonymous said...

sama seperti anada, saya adalah seorang ibu rt -dg 3 anak- dan seorang guru pula. sulit mencari teman yg sama menyukai karya nh dini,-khususnya di dunia nyata bukan maya beguini-. saya mengoleksi sebagaian bukunya, setidaknya yg diteritkan sejak th 1999, mbak endah punya koleksi karya beliau sebelumnya?